Rabu, 17 Februari 2010

menulis itu mudah

PAK!.... PAK!....PAK!....

Nich orang manggilin sapa sich,,,,??? PAK! Melulu....
Tenang sob, ini bukanya gue teriakin PAK! Jualan bakso,, tapi ini tips jitu banget tau,,, mau tau??? Mau tau ajjah!!! He,,he,,he,,,

PAK! Ntu 4 PILAR To Be Quantum Writer . Ilmu ni gue dapetin sewaktu ngikutin training Sang trainer Motivator Spiritual Nasional, pengasuh Pesantren terbuka FM, MR Faqih Syarif, training “ Be the Best Trainer and Writer”, salah satu ilmu yang keren abis, gimana caranya kita bisa menuangkan apa yang ada dipikiran kita dengan menulisnya,, wah buat gue tambah mak nyus inget pesan beliau “gak nulis= primitif” waduh,,,, jadi malu nich,,, eits!!! stop malu, minder, takut n sejenisnya tuh gembok mental so musti di buang ja kebenua antartika, kok malah kayak lagunya Gita Gutawa sich.

Bener banget!!! ada dua power yang bisa menggugah kita terus berkarya, sobat: Pertama the power of dream, kekuatan mimpi inilah yang akan menjadi motivasi kita. Ketika kita lagi malez banget, hal itu karena kita ga punya goal yang jelas, so musti setting your goals. Klo kita punya impian-impian kita akan tersemangati dan akan berusaha meraih mimpi kita inginkan. Kedua the power of Love, nah klo masalah cinta –cinta kayak gini, emang bisa banget menggugah. Ketika kita sadar klo kita cinta ma Allah n rosul malu donk ga berkarya, ga punya prestasi sama sekali, malu-maluin khan???

Empat Tips jitu biar kita mudah menulis ntu ADALAH,,,,,eng ing eng eng,,, yuk kita sama-sama pangil PAK!,,, sekali lagi PAK!, waduh kayak Dora ajjah.
Yups, PAK!:

Pusatkan perhatian pikiran, menulis tuh bisa ngilain stres lho pren, percaya ga? Hemm,hemm gue kan calon psikolog ngasih tips manjur banget, he,,he,,he,,for example klow kita lagi suntuk nich, nulis ternyata bisa ngurangin stres kita, malah terkadang sampek meneteskan air mata huk..huk ... tapi setelah nulis plong khan?. Pusatkan pikiran itu kita tulis ajjah berbagai ide-ide n point2 utama, kata MR Faqih pakai “Topi Putihmu untuk mengawali menulis, topi putih= berfikit kreatif,, pokoknya tulis,,,,”. Proses ini ada 2 tahap langkahnya, so what?, 1. strategi gugus kita menggambar gugus-gugus ide apapun tulis terus setelah itu baru kita tentukan mana yang kita pilih menjadi point2 utama, kita siapin kertas kosong dengan posisi horisontal tentukan ide utamanya, tarik garis-garis disekitarnya apa aja ide lainya, truz pilih point-point yang akan kita fokuskan. 2. Strategi tulis cepat, setelah nemuin point2 utama langsung tulis secepatnya, tulis cepat semua informasi lupakan EYD, aturanya not edit, u know.. tulis ajjah terus ntar keburu ilang tuh,,,

Atur Point2 Utama, nah kalo yang proses ini, kita musti atur point2 utama dalam peta pikiran kita n buat sentral kerangkanya, kita pake “Topi Hitam” alias berfikir kritik, yakni kita mengedit tulisan –tulisan kita, menambah, mengurangi kalimat agar lebih okey lagi.

Karang adalah, setelah kita buat kerangka pikiran kita, dilanjutkan proses ini yakni tentukan target penulisan n buat draft kata.

Hebat! optimalisasikan tulisanmu, buat sekeren abis n menonjol. Nah jadi dech tulisan, mudah khan???

Ternyata nulis tu mudah khan, sobat. So kita musti berkarya jangan jadikan diri kita manusia primitif tanpa karya tulis, Semangat!!! Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar