Rabu, 24 Februari 2010

MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI MUDAH KOK

Membangun Percaya Diri, Gampang Kok.

Assalamualaikum,Wr.Wb.
Mbak, Gimana kabarnya,, aku Iva mau tanya nich, gimana sich biar kita bisa PD ma kemampuan kita ketika di depan umum? Kasih Tips dong?? Thank ya.... ( Iva, Surabaya)


Wa’alaikum salam Wr, Wb.
Alhamduliilah luar biasa baik banget mbak Iva,,semoga mbak juga dalam keadaan baik juga. yach nich banyak sekali diantara kita yang ngerasa ga pede dengan kemampuan yang kita miliki, why???.
Mbak Iva, yang musti kita ketahui penyebab apa sich yang membuat kita ga pe de, padahal PD alias percaya diri akan mengantarkan kita pada sebuah kesuksesan, betul tidak?? Ada beberapa alasan yang menghambat kesuksesan seseorang salah satunya KETIDAKPEDEAN.
Mbak Iva, sebenarnya ketidakpedean terjadi karena beberapa sebab bisa datang dari internal kita atau malah dari luar diri kita, misalnya kurangnya ilmu, kurangnya persiapan, minder, alasan usia, kesehatan, gaptek,. atau bisa jadi dari luar diri kita misalnnya yang kita hadapi adalah lingkungan yang ga kondusif, keluarga, aturan de el el.
Mbak Iva yang baik, sebenarnya untuk membangun kepercayaan diri mudah banget kok, sebenarnya manusia mempunyai kemampuan yang sama yang berbeda adalah kapasitas dalam menangkap informasi ada yang lambat ada juga yang cepat dalam daya serapnya.
Mbak Iva yang baik, mungkin ada sebuah contoh yang bisa mengguggah mbak, ada sebuah kisah seorang anak yang gagap, bahkan tidak pernah berbicara didepan umum, pada suatu hari anak tersebut diminta untuk berkhutbah pada sholat jumat,,, apa yang terjadi pada anak tersebut, anak tersebut gemetaran seluruh tubuhnya, bibirnya tak bisa berbicara saking nervousnya, keringat dinginpun keluar dari dalam tubuhnya, melihat keadaan tersebut sang guru langsung memegang kaki sang anak seraya memeberikan motivasi pada anak ” ayo,,, keluarkan apa saja,, pasti kamu bisa” seraya memegangi kaki si anak. Dan sekarang anak itu tumbuh dewasa bahakan menjadi seseorang yang luar biasa bahkan gagapnya hilang karena keyakinan dan berlatih secra kontinue membuatnya berubah dan beliau ini adalah Mr faqih Syarif sang Trainer Motivator Spiritual nasional.
Mbak Iva, untuk membangun kepercayaan diri kita, ada LIMA Kunci B:
1. Berani Berimpian, pastikan pada diri kita untuk berani menentukan impian-impian, keinginan, motivasi yang kita harapkan bahkan impian besarpun, yakin bahwa kita Pasti Bisa.
2. Berani Memulai, untuk menghilangkan kurang Pe de, mulailah dari sekarang, detik ini juga senantiasa menancapkan pada pikiran dan perilaku kita menuju perubahan, senantiasa berlatih dan belajar untuk menggapai impian- impian besar kita.
3. Berani Berproses. Lakukan berbagai usaha apapun untuk meningkatkan kepercayaan diri kita, apakah dalam hal knowladge, skill, kemampuan diri kita.
4. Berani Berkorban. Pastikan bahwa untuk menumbuhkan kepercayaan diri, berani berkorban waktu, tenaga, atau bahkan material untuk senantiasa berlatih dan belajar menggapai keprcayaan diri kita terhadap impian-impian terbesar kita.
5. Berani Mengevaluasi Diri. Nah, setelah kita mulai merasakan bahwa “Saya PD”, bukan berarti kita mengabaikan proses muhasabah atau intropeksi diri kita, akan tetapi dengan mengevaluasi diri menjadikan kita lebih dinamis dan lebih percaya diri.

Okey,, mbak Iva, yakinlah dan berpositif thinking bahwa kita musti percaya diri terhadap kemampuan kita, semoga kita menjadi hamba yang senantiasa bersyukur atas segala kenikmatan yang Allah berikan. Don’t forget, Percaya diri mengantarkan pada kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar